Tutorial Install XAMPP di Windows Cocok Untuk Pemula

XAMPP merupakan salah satu software yang berfungsi sebagai server lokal yang dapat kita gunakan ketika sedang dalam proses mengembangkan sebuah website.

Berikut cara install xampp di windows 10.

  1. Kunjungi website XAMPP disini. Kemudian pilih menu download. Dan lihat pada tabel XAMPP for Windows yang menampilkan versi xampp terbaru. Binerian bisa memilih salah satu dari versi sesuai yang di inginkan.

2. Selanjutnya jika sudah selesai mendownload. Buka file xampp yang telah di download dengan cara klik 2x atau klik kanan kemudian open. Kemudian akan tampil setup XAMPP seperti pada gambar di bawah ini. Di sini binerian hanya perlu menekan button next untuk melanjutkan ke langkah instalasi berikutnya.

3. Langkah selanjutnya memilih komponen yang akan di instalasi. Disini juga binerian tinggal menekan next karena disini kita akan menginstall komponen secara default saja.

4. Pada langkah ini kita memilih lokasi instalasi pada komputer kita. Jika binerian tidak mau menginstal xampp di c, bisa di sesuaikan dengan menekan tombol folder yang ada disebelah kanan select folder. Kemudian tekan next.

5. Tekan next lagi untuk melanjutkan

6. Kemudian next lagi.

7. Maka selanjutnya proses instalasi akan dilakukan. Binerian tinggal menunggu sampai selesai.

8. Jika muncul windows security alert seperti gambar dibawah ini. Maka tinggal di pilih ‘allow acces’ saja. Karena disini xampp akan melakukan instalasi apache dan mysql kedalam perangkat pc kita.

9. Jika proses instalasi sudah selesai. Selanjutnya tekan tombol finish.

10. jalankan aplikasi xampp. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini.

11. Terakhir jalankan Apache dan mysql dengan cara menekan actions start pada kedua module. Seperti pada gambar. Yeeee.. xampp sudah bisa di gunakan. 😀

3 thoughts on “Tutorial Install XAMPP di Windows Cocok Untuk Pemula

Leave a Reply