Tutorial Install Laravel Terbaru di Windows Lengkap + Gambar

Kali ini mimin mau bahas tentang versi terbaru Laravel yaitu Laravel 7.

a. Pengertian Laravel

Laravel merupakan salah satu framework dari php yang memudahkan kita dalam membangun aplikasi web. Laravel memberikan kemudahan dalam menulis kode yang bersih dan menghadapi kode / problem yang kompleks. Laravel sendiri sampai saat ini sudah memiliki 13 versi, dan versi terbarunya saat ini yaitu Laravel 7.x

b. Apa fitur-fitur terbaru yang hadir pada Laravel 7 ??

Laravel 7 melanjutkan peningkatan yang telah dibuat di Laravel 6.x. Yaitu dengan memperkenalkan Laravel Sanctum dengan beberapa pembaruan yaitu

  1. peningkatan kecepatan routing
  2. gips Eloquent kustom
  3. tag komponen Blade
  4. operasi string yang lancar
  5. klien HTTP yang berfokus pada pengembang
  6. dukungan CORS pihak pertama
  7. peningkatan cakupan untuk pengikatan model rute
  8. kustomisasi rintisan
  9. peningkatan antrian basis data mysql 8+
  10. multiple driver surat
  11. Waktu permintaan
  12. Perintah tambahan “php artisan test”
  13. Dan berbagai perbaikan bug laiinya untuk meningkatkan performa.

Di blog selanjutnya akan di bahas secara lebih detail apa saja peningkatan dan pembaruan pada Laravel 7 ini dari versi sebelumnya.

c. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara menginstall laravel di windows.

1 Langkah pertama yaitu download Composer disini . Jika binerian belum paham cara install composer silahkan cek disini.

2. Selanjutnya, pastikan bahwa composer telah terinstall di komputer anda. Buka Command Prompt di pencarian PC, kemudian Open dan ketikkan composer pada terminal. Jika composer berhasil di instal maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

3. Instal xampp disini , Jika binerian belum paham cara install xampp silahkan cek disini .

4. Jika xampp sudah terinstall, maka langkah selanjutnya. Jalankan Apache dan MySQL dengan cara menekan button start pada kolom baris action. Jika sudah berjalan maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

5. Nah yang tadi merupakan beberapa aplikasi penunjang dalam menjalankan Laravel. Selanjutnya install laravel melalui website Laravel disini . Pada halaman web ini yang perlu binerian lakukan adalah menyalin (copy) sintaks “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel blog”. Maka laravel terbaru akan di instal secara otomatis menggunakan composer dan kata blog terakhir merupakan nama folder instalasi laravel. Jadi binerian dapat mengubahnya secara bebas. Disini mimin mau ganti dengan “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel binerian”.

6. Selanjutnya di command prompt, pindahkan direktori ke xampp/htdocs dengan menggunakan perintah cd c:\xampp\htdocs.

cd c:\xampp\htdocs

Jika binerian menginstal xampp di direktori D, maka bisa menggunakan perintah cd d:\xampp\htdocs.

7. Jika direktori sudah pindah ke htdocs maka selanjutnya, paste perintah “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel binerian”. Dan jangan lupa pada bagian ini harus tersambung ke internet, karena ini merupakan proses instalasi laravel.

composer create-project –prefer-dist laravel/laravel binerian

8. Kemudian, jika instalasi laravel sudah selesai, maka akan muncul kalimat “Application key set succesfully” seperti pada gambar di bawah ini. Biasanya proses instalasi ini memakan waktu sekitar 10 menit tergantung dengan kecepatan jaringan masing-masing.

9. Jika sudah selesai cek pada explorer C>xampp>htdocs>binerian (nama folder) .

10. Selanjutnya untuk menjalankan laravel menggunakan server laravel development maka kita bisa menggunakan command prompt. Sebelumnya pindah ke direktori folder laravel terlebih dahulu disini mimin menggunakan perintah ‘cd binerian’.

cd binerian

 11. Kemudian untuk menjalankan server laravel development bisa dengan mengetikkan perintah ‘php artisan serve’. Jika berhasil maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

php artisan serve

12. Copy kan alamatnya http://127.0.0.1:8000 . Bisa dengan cara menekan tombol ctrl+shift+insert secara bersaman.

http://127.0.0.1:8000

13. Dan paste kan alamat url tadi ke dalam browser. Kemudian jalankan. Jika berhasil, maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini. Selama menjalankan laravel di browser pastikan tidak menutup cmd jika menggunakan laravel development server. Karena server harus berjalan di latar belakang. Jika di close. Maka alamat URL http://127.0.0.1:8000 tidak akan berfungsi.

14. Binerian juga bisa menggunakan server localhost xampp untuk menjalankan laravel. Dengan mengetikkan ‘localhost/binerian/public’. Tapi sebelumnya pastikan apache dan mysql pada xampp sudah di jalankan.

localhost/binerian/public

Sekian tutorial dari saya. Semoga bermanfaat buat binerian yang terus ingin menambah ilmunya.

Leave a Reply