Tips Searching Google Untuk Pencarian Yang Lebih Pintar

Google dikenal sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan jasa dan produk Internet dan berpusat di Amerika Serikat.   Produk-produk yang ditawarkan oleh Google meliputi teknologi pencarian, software, iklan online, komputasi web, cloud computing, cloud storage dan lainnya. Sampai saat ini Google telah berhasil menjadi salah satu platform terpopuler secara global.

Google merupakan salah satu search engine (mesin pencarian) terbaik dan paling sering digunakan. Dilansir dari m.detik.com di tahun 2020 pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan hingga 17% dari tahun sebelumnya. Sehingga total pengguna Internet di Indonesia ada 175.4 juta pengguna. Biasanya pengguna internet yang ingin melakukan pencarian melalui Google akan mengetikkan teks terkait yang akan di cari pada kolom pencarian. Pencarian seperti ini sangat biasa dilakukan.

Ternyata ada tips pintar untuk melakukan pencarian di Google secara spesifik dan tepat sasaran.

1. Menggunakan tanda minus

Tanda minus ini berfungsi untuk melakukan pengecualian terhadap kata yang tidak kita butuhkan. Sehingga web yang ditampilkan pada pencarian tidak akan menyajikan kata yang dikecualikan.

Contoh kasus pencarian yang membutuhkan pengecualian :

Kamu ingin mencari source code / pembahasan mengenai web php yang mendukung mySQLi bukan mySQL. Seperti yang kita ketahui mysqli merupakan versi terbaru yang memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki pada MySQL. Secara penulisan code sendiri mySQL dan MySQLi memiliki perbedaan. Bahkan versi php terbaru banyak yang tidak lagi mendukung MySQL. Sehingga pada kasus ini kita tidak ingin mencari web yang berhubungan dengan MySQL. Jadi kita cukup menuliskan kata pada pencarian seperti ini

Web perpustakaan dengan php dan mysqli -mysql

Terlihat hasil pencarian pada Gambar A di bawah ini menghasilkan pencarian tanpa kata mysql. Kemudian lihat pada Gambar B pencarian tanpa menggunakan tanda minus. Maka beberapa hasil pencarian justru meyajikan halaman tentang MySQL. Jika halamannya sudah kita buka dan ternyata bukan yang kita inginkan waaah pasti ini sangat merepotkan ya. Apalagi kalo file source code nya udah di download terus di cobain di pc sendiri eh ternyata gak kompatibel sama versi php di pc  :D.

2. Menggunakan Rentang Tahun

Melakukan pencarian dengan menggunakan rentang tahun. Saat kita membutuhkan suatu data/ berita yang terbaru, pencarian dengan menggunakan rentang tahun cukup efektif untuk dicoba. Cara penulisannya

Nike ardilla 2018..2020

Dengan menuliskan seperti ini kita akan mendapatkan data/berita yang di post dari 2018-2020.

Jika dibandingkan dengan melakukan pencarian tanpa tanda “ ..” pada rentang tahun, kita akan mendapatkan hasil penelusuran dari tahun-tahun terdahulu karena tahun yang dicantumkan tanpa tanda “..” dianggap sebuah kata. Seperti pada gambar C pencarian dengan menggunakan kata nike ardilla 2019 2020. Pada hasil penelusuran terdapat halaman yang di post pada 2012 seperti pada gambar E.

Gambar C

3. Menggunakan Sumber Gambar

Melakukan pencarian sumber gambar. Jika kamu ingin mencari sumber gambar kamu bisa mengunjungi

https://images.google.com/

Kemudian klik ikon kamera di sisi kanan kolom pencarian. Lalu upload gambar yang ingin kamu cari sumbernya.

Gambar F

Semoga tulisan ini bermanfaat buat teman-teman binerian semua. Jangan lupa share ke teman-teman kalian untuk berbagi ilmu. Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tulis di kolom komentar 😀

Leave a Reply