Perbedaan Corel Draw, Adobe Photoshop & Adobe Illustrator

ps cd ai

Banyak diantara para desainer pemula ataupun mereka yang baru belajar desain, bingung memilih aplikasi desain grafis mana yang ingin dipakai. Aplikasi yang banyak dipakai untuk desain grafis saat ini yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator Untuk itu, admin ingin memberikan sedikit perbandingan untuk para binerian yang ingin belajar desain.

1. Adobe Photoshop

photoshop logo

Adobe Photoshop merupakan aplikasi desain grafis yang cocok digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional. Aplikasi ini dapat melakukan berbagai memodifikasi gambar mulai dari memberikan filter sederhana, penambahan, menggabungkan, hingga manipulasi gambar yang sulit sekalipun. Fitur lengkap ini tentunya tidak ada pada aplikasi edit gambar instan yang biasa terdapat pada smartphone. Aplikasi Adobe Photoshop ini mengolah gambar berbasis bitmap. Ia mempunyai beragam tool dan efek yang lengkap, sehingga anda dapat melakukan berbagai modifikasi gambar dan menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi. Kelengkapan fitur tersebut, membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh para desainer grafis profesional.

2. Corel Draw

corel draw logo

Corel Draw merupakan aplikasi yang dibuat oleh Corel yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan. Corel Draw merupakan aplikasi desain grafis yang cocok digunakan untuk mengolah gambar pada garis vektor. Sehingga, walaupun diperbesar dan diperkecil objek tidak akan menurun atau blur. Namun hal ini hanya berpengaruh saat mengolah gambar. Saat gambar tersebut dirender menjadi jpg, gambarnya tetap akan blur mengikuti ukuran pixelnya.

3. Adobe Illustrator

Illustrator logo

Sama hal nya dengan Corel Draw, Adobe Illustrator juga merupakan alikasi desain grafis yang berbasis vektor yang dikembangkan oleh Adobe. Fitur fitur yang ditawarkan kurang lebih sama dengan Corel Draw. Tetapi, terdapat perbedaan tata letak workspace yang menyerupai Adobe Photoshop. Sehingga, bagi kalian yang biasa menggunakan Adobe Photoshop, pasti akan lebih mudah menggunakan Adobe Illustrator ini dibandingkan menggunakan Corel Draw.

Leave a Reply