Mengenal PHP dan Penggunaan Fungsi pada PHP #1

1. Pengenalan PHP

PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman skrip server yang mampu membuat halaman web yang dinamis dan interaktif. PHP disebut sebagai bahasa skrip server maksudnya yaitu sintaks-sintaks dan perintah yang dibuat akan sepenuhnya dijalankan oleh server. Maka dari itu untuk melakukan eksekusi terhadap program PHP dibutuhkan sebuah server seperti lokalserver pada XAMPP, WAMPP, laragon dan lainnya. Sebelum memahami tentang PHP ada baiknya terlebih dahulu memahami terkait HTML dan CSS.

  1. HTML5 #1 : Memulai Belajar Pemrograman dengan Mengenal HTML
  2. HTML5 #2 Mengenal Tag-Tag Baru pada HTML5 dan Fungsinya
2. Fungsi – Fungsi pada PHP

Fungsi pada PHP merupakan kode program yang didalamnya memuat blok-blok rangkaian perintah dari fungsi tersebut. Fungsi digunakan untuk mempersingkat atau mempermudah pengambilan keputusan sehingga kode tidak perlu ditulis berulang-ulang ketika perlu digunakan lagi.

Struktur dasar penulisan fungsi PHP

Contoh penggunaan fungsi dalam penerapan sehari-hari : pada pertemuan pertama kegiatan belajar mengajar dosen/guru mu memberikan tugas membuat jurnal/essai. adapun serangkaian aksi yang harus kamu lakukan untuk membuat jurnal adalah :

-mencari referensi

-membaca dan memahami berbagai referensi

-mencari ide dan judul jurnal yang akan dibuat

-menulis jurnal dan menambahkan kutipan dari referensi yang telah dibaca

-dll.

Kemudian pertemuan selanjutnya dosen akan memberikan tugas yang sama yaitu membuat jurnal. Maka dosen mu tidak perlu lagi menjelaskan serangkaian aksi pembuatan jurnal di pertemuan kedua ini. Karena sudah di paparkan pada pertemuan pertama. Dosen tersebut cukup menyebutkan tugas membuat jurnal/esai maka kalian akan langsung paham bagaimana serangkaian aksi dari tugas membuat jurnal/esai.

Begitu pula pada fungsi PHP, tidak perlu untuk mengulang-ulang penjabaran yang sama jika sebuah skrip tesebut akan digunakan secara berulang. Sehingga hal ini dapat membuat source code yang kita tulis lebih efektif dan singkat.

Contoh penulisan fungsi pada PHP :


<?php
function identitas(){
echo “Mutiah Risky (Web Developer)”;
}
identitas();
?> 

Jika di jalankan maka hasil program diatas akan seperti berikut ini :

  • Contoh penulisan fungsi php dengan menggunakan nilai parameter

berikut ini merupakan penggunaan fungsi dengan mengembalikan sebuah nilai parameter dimana fungsi seperti ini biasanya digunakan untuk penggunaan fungsi yang memerlukan perubahan pada nilai variabel secara dinamis.


<?php
// $angka1,$angka2 merupakan parameter
function tambah($angka1, $angka2){
return $angka1 + $angka2;
}
echo "hasil = " .tambah(7,2);
?>

Jika di eksekusi maka hasil program diatas akan seperti berikut ini :

Sekian, semoga blog ini dapat bermanfaat buat yang lagi belajar. happy coding teman binerian 🙂

Leave a Reply