LARAVEL #2 Apa itu Route pada Laravel ?

1. Pengertian Route pada Laravel

Sebelum mengetahui Route pada Laravel. Dapat kita terjemahkan arti kata Route ke dalam bahasa Indonesia yaitu rute. Di dalam KBBI sendiri arti rute adalah jarak atau arah yang harus diturut (ditempuh, dilalui). Di dalam Laravel route berarti bagian yang mengatur arah jalannya suatu halaman projek yang di buat menggunakan laravel.

2. Fungsi Route pada Laravel

Fungsi dari route adalah untuk menjalankan request Url kemudian mengarahkannya ke bagian resource/halaman yang  di panggil.

3. Jenis-jenis metode Route pada Laravel

Pada Laravel ada beberapa jenis metode-metode untuk melakukan routing. Dimana setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda

  1. GET digunakan ketika perlu menampilkan resource controller maupun fungsi
  2. POST digunakan ketika perlu mengarahkan form untuk di submit
  3. PUT/PATCH digunakan ketika perlu menerima data kemudian di arahkan ke controller
  4. DELETE digunakan ketika perlu mengambil data kemudian dihapus pada kontroller.

Namun untuk metode PUT/PATCH  & DELETE tidak bisa kita gunakan pada form HTML, karena pada metode form HTML hanya memiliki 2 jenis metode yang dikenali yaitu POST dan GET.

 4. File pada Folder Routes

Jika kita membuka folder projek laravel maka di dalamnya terdapat folder yang bernama ‘routes’. Kemudian di dalam folder ini terdapat 4 file yaitu

  1. api.php berguna untuk routing API
  2. channels.php berguna untuk routing seperti notification
  3. console.php berguna untuk routing command pada terminal console
  4. web.php berguna untuk routing web yang juga memiliki proteksi CSRF (*route yang paling sering digunakan dalam membuat website)

5. Sintaks Dasar Route

Jika sebuah proyek laravel  di tujukan untuk membuat sebuah website maka yang perlu kita gunakan adalah file web.php yang ada pada folder routes. Sintaks dasarnya yaitu :

<?php
Route::get('/', function () {
    return view('welcome');
});

Penjelasan sintaks :

Pada sintaks diatas digunakan metode GET yang berarti akan menampilkan resource controller

‘/’ = maksudnya file yang akan di load di anggap sebagai file index atau jika kita buka di browser maka url nya http://127.0.0.1:8000/

return view(‘welcome’)= maksudnya file akan mengembalikan view ‘welcome’

view welcome yang dimaksud disini adalah file yang bernama welcome.blade.php pada folder ressources>views. file welcome.blade.php ini merupakan file view dasar yang sudah tersedia secara langsung di folder laravel jika kita menginstalnya. Sehingga kita tidak perlu lagi menuliskan sitaks kode yang ada didalamnya.

Jika kita jalankan maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Pada php Laravel ada sedikit yang unik yaitu semua file yang merupakan view harus memiliki struktur nama file (namafile).blade.php . Jika kita hanya menggunakan struktur .php pada file view maka tidak dianggap sebagai file laravel.

Sekian, semoga kamu lebih paham ya dengan konsep dari route pada laravel. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Salam Binerian 😀

Leave a Reply