Konfigurasi System Debian Part #1 : IP Address

Hai binerian, kerjaan sebagai administrator server merupakan pekerjaan yang cukup menarik bagi sebagian besar orang. Karena pekerjaan ini diiming-imingi dengan gaji yang  lumayan tinggi bahkan melebihi gaji PNS :v (kalau kerjanya di kantor yang besar sih). Tapi kendala sebagian besar orang adalah pada system operasi yang digunakan oleh server itu sendiri. Berbeda dengan OS yang biasa digunakan pada komputer dan laptop pada umumnya. Komputer server cenderung menggunakan OS dari Distro Linux seperti Ubuntu dan Debian ataupun Windows Server. Karena sistem operasi ini dibuat khusus untuk dapat menjalankan aplikasi server seperti Web Server, DNS Server, FTP Server, Mail Server dan aplikasi server lainnya. Selain itu, sistem operasi ini juga dibuat dengan mengedepankan aspek keamanan agar tidak ada virus atau mallware yang menyerangnya.

Oke tanpa perlu berlama-lama lagi, kita langsung ke tutorialnya.

Alat dan Bahan

Pada tutorial kali ini, yang dibutuhkan adalah :

  1. sistem operasi Debian 10 yang sudah terinstall baik di komputer ataupun pada virtual machine.
  2. Komputer telah terhubung ke jaringan, baik itu menggunakan kabel ataupun wi-fi.
  3. Mengetahui pembagian ip address, ip network, netmask, gateway pada jaringan yang kamu miliki.

Langkah-langkah

1. Cek ip address serta perangkat jaringan kamu dengan menjalankan perintah # ip addr . Pada gambar di bawah nampak ada 2 perangkat jaringan yaitu lo sebagai loopback/localhost serta enp0s3 sebagai lan.

2. Selanjutnya buka file konfigurasi jaringan pada enp0s3 dengan perintah berikut # nano /etc/network/interfaces

3. Lalu konfigurasi seperti pada gambar berikut. Jangan lupa sesuaikan ip address nya dengan jaringan yang kamu miliki.

4. Terakhir adalah merestart service networking untuk dapat menjalankan konfigurasi di atas dengan peintah # /etc/init.d/networking restart

5. Pada tahap pengujian, kamu dapat melakukan ping ke ip gateway dan ke ip address kamu sendiri. Jika konfigurasi berhasil, makan akan muncul reply

6. Serta kamu bisa juga melihat settingan hosts dengan perintah # cat /etc/hosts . Nantinya ip address pada nama host kamu akan berubah dengan ip yang telah kamu konfigurasi sebelumnya.

Oke sekian tutorial kali ini, jika masing bingung silahkan tulis komentar kalian di bawah ya

Leave a Reply