Fitur terbaru pada Python 3.9

Python merupakan salah bahasa pemrograman populer di dunia. Hal ini dikarenakan python memiliki segudang modul yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari program matematika biasa, pemrograman berbasis objek, machine learning, hingga pengembangan website. Bagi kamu penggemar bahasa pemrograman ini, ada beberapa fitur baru yang disajikan python dalam updatenya pada versi 3.9.

Dictionary Onion

Dictionary onion di versi python ini memiliki penambahan operator, yaitu :

1. Merge

Operator merge disimbolkan dengan | . Operator ini berguna untuk menggabungkan dua atau lebih dictionary, lalu menyimpannya ke dictionary baru.

a = {1: 'a', 2: 'b', 3: 'c'}
b = {4: 'd', 5: 'e'}
c = a | b
print(c)
[Out]: {1: 'a', 2: 'b', 3: 'c', 4: 'd', 5: 'e'}

2. Update

Hampir sama dengan operator merge. Bedanya, hasil penggabungan dictionary tidak disimpan dalam dictionary baru.

a = {1: 'a', 2: 'b', 3: 'c'}
b = {4: 'd', 5: 'e'}
a |= b
print(a)
[Out]: {1: 'a', 2: 'b', 3: 'c', 4: 'd', 5: 'e'}

Jika dalam penggabungan dictionary terdapat key yang sama, tetapi nilainya berbeda. Maka nilai yang digunakan adalah pada dictionary yang kedua.

a = {1: 'a', 2: 'b', 3: 'c', 6: 'in both'}
b = {4: 'd', 5: 'e', 6: 'but different'}
print(a | b)
[Out]: {1: 'a', 2: 'b', 3: 'c', 6: 'but different', 4: 'd', 5: 'e'}

Type Hinting

Type hinting merupakan fitur yang mempermudahkan programmer mengetahui kesalahan penggunaan tipe data dalam source code nya. Misalnya contoh berikut, dimana diberikan string r kepada fungsi add_int(). Sedangkan dalam fungsi add_int() mengharuskan data yang diberikan merupakan tipe data integer. Sehingga python akan menyampaikan kesalahan tersebut dengan memberikan peringatan seperti pada gambar berikut.

String Methods

Fitur ini mungkin tidak semenarik fitur di atas. String method membuat programmer mampu menghilangkan awalan (prefix) atau akhiran (suffix) pada sebuah tipe data string.

"Hello world".removeprefix("He")
[Out]: "llo world"
Hello world".removesuffix("ld")
[Out]: "Hello wor"

Itulah fitur baru yang akan ada di Python 3.9 mendatang. Namun jika anda tidak sabar, anda dapat mendownload versi beta-nya di website resmi python disini

Leave a Reply