EKRUT : Tren Rekrutmen Kerja di Era Digital

A. Mari Bernostalgia sejenak !
Gaya Rekrutmen Kerja Zaman Dulu

1. Harus mencari lowongan Kerja via media cetak
Koran merupakan salah satu platform paling populer pada zaman dulu sebagai media untuk proses rekrutmen kerja. Untuk dapat memasang iklan lowongan kerja HRD harus membayar sejumlah uang agar dapat memuat iklan lowongan kerja pada koran. Begitupun pelamar juga harus merogoh sejumlah uang untuk membeli koran-koran tersebut.
2. Mengetik atau Menulis CV
Zaman dulu sebelum adanya internet maka biasanya para pelamar kerja akan menulis CV (Curriculum Vitae) secara langsung atau dengan menggunakan teknologi mesin ketik pada zamannya.
3. Mengirim CV & Berkas lamaran secara langsung ke perusahaan atau melalui pos
Untuk mengantarkan berkas lamaran kerja biasanya orang zaman dulu langsung mengantarkan berkas ke perusahaan atau bisa dikirim melalui kantor pos
4. Perusahaan harus melakukan penyortiran terhadap ribuan berkas lamaran
Setiap HRD di perusahaan pada zaman dahulu harus memeriksa seluruh berkas lamaran yang dikirimkan. Jika memenuhi kualifikasi maka pelamar biasanya akan dihubungi via telepon langsung oleh HRD.

B. Era Revolusi Digital

 Revolusi digital merupakan proses perubahan zaman dari :
Teknologi Mekanik – Elektronik Analog – Teknologi Digital
 
Pada era digital ini seluruh informasi dapat diperoleh dan disebarluaskan secara cepat dan mudah dengan memanfaatkan teknologi digital pada zaman sekarang. Teknologi digital yang dimaksud disini meliputi  seluruh sistem komputerisasi yang dapat terhubung ke internet.
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, gaya rekrutmen kerja pun semakin berkembang pesat dalam memberikan kemudahan baik kepada para pelamar kerja maupun HRD perusahaan.

C. Tren Rekrutmen Kerja Kaum Milenial di Era Digital

Kata kaum milenial pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Kaum milenial terkenal dengan kemelekan akan perkembangan teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi di era digital ini juga memberikan dampak positif kemudahan kepada kaum milenial dalam mencari pekerjaan.
Dizaman yang serba digital ini pelamar kerja tidak perlu lagi kesulitan dalam melamar kerja karena seluruh rangkaian rekrutmen kerja dapat dilaksanakan melalui media online. Pelamar tidak perlu lagi kesulitan dan menghambur-hamburkan uang untuk menyalin berkas lamaran kerja dengan banyak. Karena semuanya dapat dilakukan secara online.

D. Talent Marketplace No. 1 di Indonesia


dengan hadirnya EKRUT di Indonesia sebagai platform Talent Marketplace No. 1 di Indonesia semakin memberikan kemudahan dalam proses rekrutmen kerja. EKRUT menjadi sebuah tren baru di Era digital dalam proses rekrutmen kerja.


Apa beda EKRUT dengan Portal Pekerjaan ?? ~

EKRUT

  • membantu Tim SDM dalam mencari talenta terbaik sesuai dengan yang dibutuhkan
  • merupakan platform rekrutmen untuk talenta teknologi Indonesia
  • menggantikan sebagian besar proses manual dengan machine learning dalam proses perekrutan yang lebih cepat dan efisien
  • memiliki fitur konsultan yang akan mengarahkan pengguna secara langsung untuk menemukan tawaran pekerjaan yang sesuai.
  • menyediakan fitur kalkulator gaji

PORTAL PEKERJAAN

  • merupakan platform khusus untuk mencari lowongan kerja
  • proses pencarian dilakukan dengan menelusuri postingan lowongan yang ada.
  • Tidak terhubung secara langsung dengan talenta terbaik yang di butuhkan.

Apa saja Keuntungan Bergabung dengan EKRUT

>> Bagi Pelamar Kerja <<

1. Lebih efisien, mudah dan hemat biaya
Memberikan kemudahan karena tidak perlu mencari melalui berbagai media. Cukup buka aplikasi EKRUT dan daftarkan diri kemudian isi biodata maka EKRUT akan mencarikan kerjaan yang sesuai dengan yang kita inginkan.
2. Peluang mendapatkan kerja sesuai yang di inginkan
menyediakan detail informasi secara lengkap terkait perusahaan yang di Inginkan seperti lokasi penempatan, besaran gaji, posisi yang di inginkan detail info perusahaan dan lain lain
3. Gratis biaya pendaftaran
Cukup dengan mendaftarkan diri melalui EKRAF maka kita akan terdaftar sebagai member secara gratis tanpa ribet.

>> Bagi Perusahaan <<

1. kemudahan dalam mengelola kandidat
The Marketplace Curation Algorithm (MCA) melakukan filterasi terhadap talenta kompetitif teratas berdasarkan permintaan secara realtime


2. akses langsung ke bakat yang disaring oleh perekrut
menggunakan sebuah teknologi  Ekrut Recommender System (ERS)  dalam mencocokkan profesional berdasarkan berbagai variabel pengalaman, keterampilan dan lain – lain


 3. Terhubung dengan Konsultan EKRUT yang akan membantu dalam proses perekrutan
Illustration from Pixabay

Leave a Reply