Edit foto menggunakan Artificial Intelligence? Emang bisa?

Hai binerian, lama tak jumpa. Maklum admin lagi sibuk mendekati semester akhir ini, uhuk. Pada kesempatan kali ini, admin akan ngasih kamu tutorial cara mengubah scene foto dari siang menjadi malam tanpa perlu masking ataupun menggunakan pentool. Caranya gimana? yaitu dengan menggunakan aplikasi Luminar 4. Aplikasi ini merupakan aplikasi editing foto yang telah menerapkan teknologi artificial intelegent untuk memudahkan kamu dalam mengedit.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini yang menurut admin sangat powerful adalah fitur AI Sky Replacement. AI Sky Replacement ini menggunakan Artificial Intelligence untuk mendeteksi daerah pada gambar yang merupakan langit dengan SANGAT AKURAT. Sangking akuratnya, bahkan langit yang berada di antara pepohonan pun pasti dideteksinya. Kemudian, pada area itu nantinya akan dimasukan sebuah gambar langit baru yang lebih cerah atau bagus.

Oke tanpa perlu berlama-lama lagi, kita lanjut ke alat dan bahan

Alat dan Bahan

  1. Aplikasi Luminar 4
  2. Foto dengan latar langit

Langkah-Langkah

1. Buka aplikasi Luminar 4

2. Klik simbol + pada sudut kiri atas. Lalu pilih Edit Single Image

3. Pilih foto yang telah kamu siapkan sebelumnya, lalu klik Open

4. Selanjutnya kita lanjutkan untuk mengubah langitnya. Disini admin memilih untuk menjadikannya malam berbintang. Pada sisi kanan, klik menu Creative (logo palet). Lalu, pilih gambar langit yang kamu inginkan. Atur Horizon Position untuk menaikkan atau menurunkan langitnya. Jika akurasi deteksi langitnya kurang, klik Advanced Settings, lalu naikkan nilai Close Gap nya

5. Selanjutnya kita akan menambahkan objek langit pada gambar. Caranya dengan membuka menu AI Augmented Sky (berada tepat di bawah AI Sky Replacement). Kemudian pilih objek yang ingin dimasukkan. Terakhir klik Place Object untuk menggeser objek tersebut.

7. Terakhir buat kamu yang ingin mengubah scene foto menjadi terlihat seperti malam. Pilih menu Essentials (diatas menu Creative), lalu pilih menu Light. Kemudian atur seperti gambar berikut.

8. Jika sudah, simpan gambar kamu dengan memilih menu File > Export

9. Pilih lokasi penyimpanan dan ubah nama file nya. Selanjutnya klik Export

10. Berikut hasilnya

Gimana? Mudah bukan? Kalau ada pertanyaan dan saran, gunakan kolom komentar di bawah ya

Leave a Reply