Cara mudah membuat dual light effect menggunakan Photoshop

Dual light effect sendiri merupakan teknik fotografi yang memanfaatkan pencahayaan untuk memperbagus suato foto. Dual light effect ini biasanya menggunakan 2 warna yang berbeda, namun dapat juga ditambah jika memungkinkan. Warna yang dipilih dalam efek ini haruslah kontras dan cerah, hal ini untuk mempertegas citra warna yang ingin ditampilkan.

Jika biasanya dual light effect ini menggunakan cahaya dari lampu yang berwarna. Berkat perkembangan teknologi, kita dapat membuatnya dengan menggunakan aplikasi editing seperti Photoshop.

Alat dan Bahan

Oke kita lanjut ke bahan-bahan yang diperlukan:

1. Foto

Hal pertama yang harus kalian siapkan adalah foto yang akan diedit. Usahakan pengambilan gambar memanfaatkan duah buah sumber cahaya di sisi kiri dan kanan objek. Kemudian, usahakan menggunakan background yang gelap. Jika anda tidak punya studio foto sendiri, bisa juga mendownload gambar dari internet sebagai objek pelatihan.

2. Aplikasi Photoshop

Selanjutnya pastikan kalian sudah menginstall aplikasi Photoshop di komputer/laptop kalian. Tidak harus menggunakan aplikasi Photoshop versi terbaru.

Langkah Pengerjaan

1. Bukalah aplikasi Photoshop lalu buka foto yang sudah disiapkan tadi

2. Buatlah sebuah layer baru dengan menekan ctrl+shift+n

3. Gunakan Gradient Tool, lalu atur warnanya menjadi Foreground to Transparent

4. Aplikasikan ke dalam layer baru tadi

4. Selanjutnya ubah mode layer tersebut menjadi color

5. Selanjutnya tambahkan sedikit efek menggunakan kurva

6. Selanjutnya kita atur kurva tersebut dengan double klik bagian yang ditunjuk tanda panah

7. Lalu pada bagian Preset, ubah menjadi Medium Contrast

8. Terakhir tinggal di-save

Bagaimana, cukup mudah bukan? bagi kalian yang ingin berkomentar atau request postingan selanjutnya, silahkan komentar di bawah

Leave a Reply