7 Ekstensi Google Chrome terbaik dan paling membantu

Google Chrome merupakan mesin pencari yang paling banyak diminati oleh pengguna internet.  Hal ini dikarenakan Google Chrome memiliki kelebihan berikut dibandingkan dengan search engine yang lain :

  1. desain yang simpel
  2. resource yang sedikit
  3. proses loading tab yang terpisah
  4. terhubung langsung ke Google
  5. dukungan aplikasi dan add ons
  6. berbagai tema yang cantik
  7. Beragam ekstensi menarik

Ada banyak ekstensi yang menarik dan sangat membantu prroduktivitas dalam berselancar dan bekerja di mesin pencarian google. Sebelum membahas apa saja ekstensi terbaik. Untuk teman-teman binerian yang belum tau bagaimana cara menambahkan ekstensi Google Chrome, berikut caranya :

  1. Buka aplikasi Google Chrome
  2. Buka webstore pada Google Chrome yang berada di menu bookmarks bar di bawah kolom pencarian dengan nama Apps. Kemudian pilih webstore. Atau bisa klik disini.
  3. Selanjutnya pilih ekstensi (1) kemudian ketik di kolom pencarian nama ekstensi (2) selanjutnya klik tambahkan ke chrome (3) Lihat pada gambar di bawah ini. Maka ekstensi sudah tersedia di google chrome milikmu.

4. Setelah kamu menambahkan ekstensi google chrome kamu sebaiknya aktifkan pin ekstensi agar ikonnya muncul di halaman depan . Klik ikon ekstensi (1). Klik ikon pin pada ekstensi yang ingin di pin (2) Maka selanjutnya ikon ekstensi akan muncul di samping ikon google chrome sehingga kamu lebih mudah dalam menggunakannya.

 Berikut 7 Ekstensi Google Chrome terbaik dan paling membantu versi Binerian :

1. Momentum

Momentum merupakan personal dashboard yang di desain secara minimalis sehingga dapat meningkatkan fokus penggunanya.

2. Google Translate

Pasti udah pada tau ya ekstensi satu ini, mungkin ada yang beranggapan seperti ini, “kita kan bisa buka tab google translate terus copy paste kalimat yang butuh penerjemah”. Nahh.. disini kelebihan Google Translate versi ekstensi chrome. Google Translate pada ekstensi chrome dapat menerjemahkan halaman secara langsung di halaman tersebut tanpa perlu kamu copy paste. Caranya :

  • Klik ikon ekstensi google translate, kemudian klik translate this page. Seperti gambar di bawah ini.
  • klik tulisan bahasa maka akan muncul berbagai pilihan bahasa yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mengarahkan kursor ke tulisan untuk mengetahui kalimat versi bahasa asli nya jika perlu. (lihat gambar)

3. Adblock Plus

Ekstensi ini berfungsi untuk memblokir iklan yang mengganggu dan untuk pengalaman berselancar yang lebih baik.

4. CSSViewer

Ekstensi ini sangat bermanfaat untuk para web developer yang penasaran bagaimana desain CSS dari ikon dan struktur pada website. Cara menggunakan ekstensi ini terbilang cukup simpel kamu tinggal klik ikon ekstensi CSSViewer kemudian arahkan kursor ke objek yang ingin kamu ketahui struktur CSS nya. (lihat gambar)

5. Avast Online Security

Ekstensi ini dapat melindungi user dari situs-situs yang dapat membahayakan komputer. Dengan memberikan peringatan/notifikasi centang berwarna hijau jika website tersebut tidak aman. (Lihat gambar). Dengan seperti ini kamu bisa menghindari terlebih dahulu situs-situs yang tidak aman.

6. SmallPDF

SmallPDF berfungsi untuk melakukan konversi file dengan mudah ke PDF.Dengan cara menekan ikon ekstensi. kemudian pilih jenis konversi yang ingin kamu lakukan.

Jika kamu tidak ingin menjadikan SmallPDF sebagai ekstensi tapi merasa butuh kamu juga bisa memanfaatkan bookmarkbar agar kamu mudah mengakses SmallPDF tanpa perlu menambahkan ekstensinya.

7. Grammarly

Yang terakhir, ekstensi Grammarly ini berguna untuk memeriksa kesalahan pada grammar yang kamu buat. Ekstensi ini cukup menarik karena selain memeriksa kesalahanekstensi ini juga memberikan saran grammar yang baik. Buat kamu yang belum terlalu jago english dan ragu takut salah mending cek pake grammarly terlebih dahulu dehh :D. Cara kerjanya terbilang mudah kamu tinggal klik ikon ekstensi(1). Klik new document (2). Tuliskan kalimat yang ingin

kamu cek grammarnya(3). Maka ekstensi ini akan memberi tahu kamu letak kesalahan dan meberi saran grammar yang benar(4).

                Sebaiknya jangan menambahkan ekstensi terlalu banyak yaa, cukup yang perlu-perlu saja. Jika terlalu banyak justru akan memperlambat kinerja chrome karena banyaknya task yang harus di jalankan. Dari 7 ekstensi terbaik versi binerian. Menurut kamu ekstensi mana yang paling bermanfaat? Tulis di kolom komentar yaaa !! kalau kamu punya saran ekstensi yang menarik di Chrome yang belum disebut diatas tuliskan di kolom komentar juga :D. Jangan lupa share ke teman-teman kamu jika blog ini bermanfaat.

Leave a Reply